Launching belanjaukm.com, Market Place Khusus UMKM

Dapatkan Berita / Blog Terbaru Yang Anda Mungkin Anda Butuhkan

Launching belanjaukm.com, Market Place Khusus UMKM

Jakarta - Pada tanggal 11 September 2018, telah launching e-commerce belanjaukm.com yang merupakan e-commerce khusus untuk memasarkan produk dari UMKM di Indonesia. Dalam kegiatan launching tersebut dihadari oleh lebih dari 400 UMKM, Sandiaga Uno (Founder OK OCE) serta tamu-tamu undangan lain. Pada acara launching dibahas tentang pentingnya UMKM untuk mulai merambah ke pemasaran digital agar dapat menciptakan keunggulan kompetitif mereka. Hal tersebut mengingat saat ini semakin banyak penggunaan teknologi internet untuk kegiatan jual-beli. 

Apabila dilihat dari potensi e-commerce di Indonesia, laporan Nielsen yang bertajuk Indonesia Ocean of Opportuninities menyebutkan bahwa penjualan e-commerce di Indonesia pada tahun 2015 mencapai US$ 1,68 miliar, jumlah penjualan tersebut menjadikan penjualan melalui e-commerce di Indonesia adalah yang terbesar dikawasan Asia Tenggara (Katadata.com, 2015). Sayangnya, dari penggunaan e-commerce di Indonesia belum dapat diterapkan dengan baik oleh UMKM, bahkan peningkatan penggunaan e-commerce dalam proses bisnis sebagian besar didorong oleh perusahaan besar (Chiliya et al., 2012, Govindaraju et al., 2015).  Hal itu disebabkan mayoritas UMKM di Indonesia masih menerapkan praktik pemasaran tradisional karena kurangnya pengetahuan dan kemampuan UMKM untuk menggunakan teknologi (Anggadwita and Mustafid, 2014), sehingga utuk mengantisipasi kekurangan yang ada, UMKM perlu dibina agar dapat mulai beranjak ke penggunaan e-commerce.

Sebagai sebuah e-commerce yang hadir khusus untuk UMKM, belanjaukm.com hadir dengan mengusung 3 hak akses utama, yaitu hak akses pembeli, hak akses penjual (pihak UMKM) dan hak akses pembina. Hak akses pembina digunakan untuk memantau aktifitas UMKM/UKM di belanjaukm.com dan sebagai fasilitas UMKM/UKM untuk memperoleh informasi terbaru. Selain itu belanjaukm.com tidak hanya menghubungkan antara penjual dan pembeli saja, tetapi juga bekerjasama dengan pembina masing-masing UMKM/UKM, perusahaan swasta dan perusahaan BUMN untuk melakukan pelatihan, pembinaan dan pendampingan.

Pada acara launching tersebut juga diperkenalkan team utama dari belanjaukm.com yaitu Yoga Religia, M.Kom Sebagai direktur utama, Dwi Prasetyo, M.Kom sebagai direktur pengembangan, M. Hatta Fahamsyah, M.Sc sebagai direktur pemasaran, Dian Sulistyorini, MSi, Ak, CA sebagai direktur operasional, serta Dr. Ririn Wulandari  dan Dr. Retno Purwani S sebagai komisaris belanjaukm. Diharapkan dengan dilaksanakan launching belanjaukm.com akan menjadi titik awal bagi UMKM di Indonesia untuk muali aktif memasarkan produknya secara lebih mudah.